Translate

22 Apr 2015

Ada Kalah Ada Prestasi Ada Masalah Ada Solusi

    Bonus Demografi yang tidak dimanfaatkan dengan baik berdampak pada lingkungan. Jumlah penduduk yang besar dan tidak diikuti kualitas kesadaran lingkungan yang baik, akan mengakibatkan terjadinya degradasi kerusakan lingkungan. Saat ini Indonesia begitu agresif mendorong pertumbuhan ekonomi, namun secara tidak sadar merusak lingkungan.
   Yang terpenting ke depan adalah peningkatan kualitas SDM karena angka Human Development Indeks (HDI) Indonesia saat ini menempati urutan ke-111 dari 182 negara. Di ASEAN, Indonesia berada di urutan keenam dari sepuluh negara.
   Saat ini, jumlah generasi muda jauh lebih banyak daripada generasi tua. Jadi, Indonesia harus melakukan persiapan membangun potensi dan sumber daya manusia (SDM).


  Dengan bonus demografi ini, jumlah penduduk usia produktif mencapai 2/3 dari total jumlah penduduk. Lapangan pekerjaan yang dibutuhkan pun makin banyak. Kalau lapangan pekerjaan tidak diakomodasi, maka bisa menciptakan banyak pengangguran. Ketika pengangguran membengkak maka kemiskinan bertambah dan tindak kriminalitas akan bertambah pula.

Maka disitu kadang kita merasa sedih!!!!!!!!


Maka solusinya adalah :
1.  Kompetensi sumber daya manusia harus ditingkatkan. Salah satunya melalui pendidikan yang baik.
2. Meningkatkan jumlah lapangan kerja, meskipun ternyata lapangan kerja telah tersedia namun kembali kepada mampukah SDM bersaing dalam pasar kerja sehingga kembali kepada pendidikan.
3. Tabungan keluarga diinvestasikan untuk kegiatan produktif
4. Jumlah anak sedikit "Dua Anak Cukup" agar memungkinkan perempuan juga dapat memasuki pasar kerja.
5. Anggaran rumah tangga juga dialihkan untuk peningkatan kualitas anak dengan cara memberikan training, kursus, les dan upaya pemeliharaan kesehatan remaja terutama kesehatan reproduksi dan penanggulangan perilaku tidak sehat seperti alkohol, narkoba, rokok, dan seks bebas.

untuk itu demi memanfaatkan bonus demografi perlu dilakukan aksi sejak dini. Dimana seluruh pihak turut terlibat dan berpartisipasi baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Jika hal tersebut diimplementasikan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia maka bonus demografi ini menjadi berkah bagi kesejahteraan bangsa Indonesia. 

2 komentar:

  1. Saya setuju klw kompetensi SDM harus ditingkatkn, salah satunya dg pendidikan keterampilan, kmudian dg ikut program KB dua ank cukup, kita jdi bisa memenej rumah tangga dan pendidikan ank2 jauh lbih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sist, bener banget. Aku juga punya postingan ttg pentingnya pendidikan keterampilan loh..dibaca Yahh!!

      Hapus