Translate

22 Apr 2015

di Bawah Kolom Rumah Aku Menemukan Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan Pendidikan tidak akan ada habisnya. saat ini Indonesia mendapatkan bonus yang dapat merubah dunia yaitu Bonus demografi.

Ada apa dengan pendidikan ?

Bonus Demografi ibarat pedang bermata dua. Satu sisi adalah berkah jika berhasil memanfaatkannya. Satu sisi yang lain adalah bencana seandainya kualitas SDM tidak dipersiapkan.
Nah!!! Untuk membangun sumber daya manusia berkualitas yang akan menjadi daya saing sebuah bangsa salah satunya dengan memperbaiki pendidikan. Namun tahukah anda bahwa di sebelah selatan Pulau Sulawesi terdapat sebuah desa yang bernama Desa Cenrana di Kabupaten Sidrap.
Ada sebuah dusun yang disebut Dusun Bukkere, Waktu saya KKN saya bersama dengan teman kelompok saya mengunjungi dusun tersebut, Sungguh Subahanallah bagaikan ikut dalam game Fear Factor akibat 12 km dilalui dengan jalan kaki melewati gunung yang tinggi, kerikil, sungai, pinggiran jurang, melewati tebing, serta jalan di tengah-tengah dinding tanah yang tingginya +/- 1 meter.


Sampai disana kami disambut puluhan anak-anak yang sedang belajar di sebuah kolom rumah, uniknya mereka berseragam layaknya seragam anak sekolah pada umumnya, rapi dan begitu bersemangat. Hanya ada satu guru yang mengajar namun semangat mereka sungguh luar biasa.

Inilah potret pendidikan di negeri kita yang masih jauh dalam kata merata, di balik gemerlap perkotaan ada sebuah cahaya di balik gunung yaitu cahaya anak-anak yang sedang berjuang mengecam pendidikan di bawah kolom rumah.



Sejatinya, perubahan tidak bisa dilakukan dalam sekejap, maka dari itu pembenahan kualitas manusia harus dimulai dari sekarang, dan semoga anak-anak yang berada di pelosok desa dan daerah tertinggal dapat segera dijabah!.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya, saya juga sangat prihatin saat baru tiba di sana

      Hapus
  2. Astaga, ternyata d sulawesi msih ada bgini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bahkan mungkin bkn di Sulawesi saja, tpi masih banyk dluar sana. Semoga Pemerintah maupun swasta dan masyarakat bisa bekerja sma unk Pendidikan Indonesia.

      Hapus